SILABUS
Satuan Pendidikan : SMA/MAN
Mata
Pelajaran : Biologi
Kelas / Semester : X (Sepuluh) / 2
Tahun Pelajaran : 2013 / 2014
Kompetensi
Inti :
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Materi
Pokok
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
/ Bahan
|
Penilaian
|
3.10
Menganalisis data perubahan lingkungan dan dampak dari
perubahan-perubahan tersebut terhadap kehidupan
|
1.
Menjelaskan pengertian
pencemaran
2.
Menjelaskan
faktor-faktor yang menyebabkan gangguan keseimbangan lingkungan
3.
Menyebutkan beberapa
jenis pencemaran lingkungan yang terjadi di lingkungan sekitar
4.
Mengalisis penyebab
terjadinya pencemaran udara
5. Menjelaskan
tentang etika lingkungan
6.
Menjelaskan tentang pengertian
limbah
7.
Menjelaskan perbedaan
tentang limbah organik dan limbah anorganik
8.
Mengidentifikasi jenis
limbah yang mungkin dapat di daur ulang menurut jenisnya
9.
Menentukan
penanganan limbah menjadi produk yang bermanfaat
10.
Membuat produk yang
berasal dari limbah.
|
- Menjelaskan
pengertian pencemaran secara umum
- Melakukan
kajian literatur tentang faktor-faktor penyebab gangguan keseimbangan
lingkungan
- Menyebutkan
jenis atau macam pencemaran lingkungan di sekitar
- Melakukan
studi literatur secara berkelompok untuk menemukan penyebab terjadinya
pencemaran udara
- Menjelaskan
tentang etika lingkungan
- Menjelaskan
pengertian limbah dan jenis-jenis limbah
- Melakukan
identifikasi terhadap limbah yang masih dapat didaur ulang
- Membuat
karya suatu produk daur ulang limbah
|
- Pencemaran
lingkungan
- Limbah
dan daur ulang limbah
|
4 X 45 menit
|
- Buku
Biologi untuk kelas X SMA
- LKS
- Internet
- Gambar
- Video
- Contoh
produk daur ulang limbah
|
- Jenis
tagihan:
1. Diskusi
kelompok
2. Tes
tertulis
-Instrumen
penilaian:
1. Lembar
Kerja Siswa (LKS)
2. Lembar
evaluasi
|
Artikel keren lainnya:
Belum ada tanggapan untuk "SILABUS BIOLOGI KURIKULUM 2013 KD 3.10 Menganalisis data perubahan lingkungan dan dampak dari perubahan-perubahan tersebut terhadap kehidupan"
Posting Komentar