RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
pendidikan : SMA
Mata
pelajaran : Biologi
Kelas : X
Semester : 1
Materi
pembelajaran : Keanekaragaman Hayati
Alokasi
waktu : 2 x 45 menit
A. KOMPETENSI
INTI
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2.
Mengembangkan
perilaku (jujur,
disiplin,
tanggungjawab, peduli,
santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan
pro-aktif) dan
menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami
dan menerapkan pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural dalamilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya,
dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
B. KOMPETENSI
DASAR
1.1 Mengagumi,
menjaga, melestarikan keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang ruang
lingkup, obyek dan permasalahan Biologi menurut agama yang dianutnya.
2.1 Berperilaku
ilmiah (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong,
kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dalam melakukan
percobaan dan diskusi di dalam kelas maupun di luar kelas.
3.7 Mendeskripsikan keanekaragaman gen, jenis,
ekosistem melalui kegiatan pengamatan.
INDIKATOR : 1. Mendeskripsikan
pengertian keanekaragaman hayati
2. Mengidentifikasi
macam-macam keanekaragaman hayati.
3. Membedakan
tingkat keanekaragaman gen, keanekaragaman jenis, dan keanekaragaman ekosistem
4. Menjelaskan
pola penyebaran keanekaragaman hayati di Indonesia
5. Menyebutkan
beberapa contoh fauna yang ada di kawasan Indonesia bagian barat (tipe
oriental), kawasan peralihan (tipe peralihan), dan kawasan Indonesia bagian
timur (tipe Australian)
4.9 Mengelompokkan
berbagai jenis mahluk hidup pada tingkat gen, jenis dan ekosistem dari berbagai
obyek dan atau menggunakan gambar.
INDIKATOR : 1. Mengamati
tingkat keanekaragaman hayati
2. Menunjukkan
berbagai jenis makhluk hidup pada tingkat gen, jenis dan ekosistem melalui pengamatan
gambar
3. Mengelompokkan
berbagai jenis makhluk hidup pada tingkat keanekaragaman gen, jenis dan
ekosistem melalui pengamatan gambar
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Siswa mampu mendeskripsikan pengertian
keanekaragaman hayati sesuai dengan literatur
2.
Siswa mampu mengidentifikasi macam-macam
keanekaragaman hayati dengan benar
3.
Siswa mampu membedakan tingkat keanekaragaman
gen, keanekaragaman jenis, dan keanekaragaman ekosistem sesuai dengan literatur
4.
Siswa mampu menjelaskan pola penyebaran
keanekaragaman hayati di Indonesia sesuai dengan literatur
5.
Siswa mampu menyebutkan beberapa contoh
fauna yang ada di kawasan Indonesia bagian barat (tipe oriental), kawasan
peralihan (tipe peralihan), dan kawasan Indonesia bagian timur (tipe
Australian)
6.
Siswa mampu mengamati tingkat
keanekaragaman hayati
7.
Siswa mampu menunjukkan berbagai jenis
makhluk hidup pada tingkat gen, jenis dan ekosistem melalui pengamatan gambar
8.
Siswa mampu mengelompokkan berbagai jenis
makhluk hidup pada tingkat keanekaragaman gen, jenis dan ekosistem
melalui pengamatan gambar
D. MATERI
AJAR/BAHAN AJAR
1.
Tingkat keanekaragaman hayati
2.
Penyebaran
keanekaragaman hayati di Indonesia
3. Penyebaran
fauna Indonesia
A.
B.
C.
D.
E.
E. METODE PEMBELAJARAN
a.
Pendekatan
pembelajaran : scientific
b.
Model
pembelajaran : cooperative learning, inquiry
c.
Metode
pembelajaran : ceramah, tanya jawab, picture and picture, diskusi, pengamatan
F. MEDIA, ALAT
DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1. Media
Gambar, power point,
laptop, LCD
2. Alat/Bahan
Alat : -
Bahan : -
3. Sumber
Pembelajaran
a. Buku-buku
Irnaningtyas. 2013. Biologi. Jakarta: Erlangga.
Mulia, Dini Siswani. 2011. Diktat Ajar Biologi Umum. Purwokerto:
UMP.
G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru
memberikan pertanyaan tentang
materi yang terkait dengan keanekaragaman hayati
2. Guru
memperlihatkan beberapa gambar jenis makhluk hidup di lingkungan sekitar
3. Guru
memberikan informasi tentang manfaat mempelajari materi yang akan diajarkan
4. Guru
memberikan perintah kepada siswa untuk membentuk kelompok
|
10
menit
|
Inti
|
1. Guru
menjelaskan materi keanekaragaman hayati yang meliputi pengertian
keanekaragaman hayati, tingkat keanekaragaman hayati,
2. Guru
menunjukkan peta kawasan penyebaran fauna di Indonesia
3. Siswa
maju ke depan kelas secara bergantian untuk memasang gambar yang telah disediakan guru sesuai dengan pengetahuan
mereka tentang jenis fauna berdasarkan daerah atau kawasan penyebarannya
(pada pertemuan sebelumnya sudah diperintah untuk membaca tentang penyebaran
fauna di Indonesia)
4. Guru menanyakan alasan atau dasar pemikiran siswa dalam memasang
gambar tersebut
5. Guru
menjelaskan penyebaran keanekaragaman hayati di Indonesia
6. Guru membagikan LKS pada setiap kelompok
7. Guru
meminta setiap kelompok untuk mengamati beberapa contoh gambar yang berkaitan
dengan keanekaragaman hayati yang terdapat pada LKS
8. Siswa
berdiskusi dengan teman kelompoknya untuk menganalisis gambar tersebut
9. Setiap
kelompok menuliskan hasil diskusi dan pengamatannya
10. Salah
satu siswa dari setiap kelompok menyampaikan hasil diskusi kelompoknya
11. Guru
memberikan penegasan mengenai hasil diskusi kelompok yang telah dibahas
|
60
menit
|
Penutup
|
1. Guru
membimbing siswa dalam menyimpulkan materi
2. Guru
memberikan penghargaan kepada siswa yang aktif
3. Guru
memberikan soal post test kepada siswa untuk mengetahui tingkat kepahaman
siswa tentang materi yang telah dibahas
4. Guru
memberikan tugas kepada siswa berupa kegiatan di rumah untuk mencari artikel
tentang ancaman kelestarian berbagai keanekaragaman hewan dan tumbuhan khas
Indonesia.
|
20
menit
|
H. PENILAIAN
·
Jenis dan Teknik penilaian
a. Jenis
: Tugas individu, tugas kelompok
b. Teknik : Tes tertulis
·
Instrumen Penilaian
-
Observasi :
lembar pengamatan
-
Tes :
soal dengan bentuk pilhan ganda dan uraian
·
Pedoman Pengamatan
No.
|
Aspek
yang dinilai
|
Teknik
Penilaian
|
Waktu
Penilaian
|
1.
|
Kognitif
|
Tes tertulis / lisan
|
Penyelesaian tugas individu
|
2.
|
Afektif
|
Observasi
(lembar pengamatan)
|
Kegiatan diskusi berlangsung
|
3.
|
Psikomotor
|
Observasi
(lembar pengamatan)
|
Kegiatan diskusi berlangsung
|
Belum ada tanggapan untuk "RPP BIOLOGI KURIKULUM 2013 KD 3.7 Mendeskripsikan keanekaragaman gen, jenis, ekosistem melalui kegiatan pengamatan."
Posting Komentar