RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan
: SMA
Mata Pelajaran :
Biologi
Kelas/Semester :
XI/1
Materi Pembelajaran : Sel
Alokasi Waktu :
3x45 menit
A.
Kompetensi Inti
1.
Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya.
2.
Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai,
responsif dan pro-aktif) dan
menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami dan
menerapkan pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1
Mengagumi,
menjaga, melestarikan keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang ruang
lingkup, obyek dan permasalahan Biologi menurut agama yang dianutnya.
2.1 Berperilaku ilmiah (jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif
dan pro-aktif) dalam melakukan percobaan dan diskusi di dalam kelas
maupun di luar kelas.
3.1
Mendeskripsikan komponen kimiawi sel, struktur, dan
fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan, mengidentifikasi organel sel
melalui pengamatan.
4.1
melakukan pengamatan mikroskopis sel umbi lapis
bawang merah dan sel epithel pipi, mengidentifikasi organel penyusunnya serta
fungsinya.
Indikator
1.
Menjelaskan komponen kimiawi sel.
2.
Menjelaskan struktur sel beserta fungsinya.
3.
Membuat
preparat sel hewan (sel epithel pipi) dan sel tumbuhan (sel umbi lapis bawang merah).
4.
Menggambar
struktur sel hewan dan sel tumbuhan.berdasarkan hasil pengamatan.
5.
Membandingkan
struktur sel hewan dan sel tumbuhan.
6.
Menjelaskan organel sel dari hasil pengamatan.
C.
Tujuan Pemebelajaran
1.
Siswa mampu menjelaskan komponen kimiawi sel.
2.
Siswa mampu menjelaskan struktur sel beserta fungsinya.
3.
Siswa mampu membuat preparat sel hewan (sel epithel pipi) dan sel tumbuhan (sel umbi lapis bawang
merah).
4.
Siswa mampu menggambar struktur sel hewan dan sel tumbuhan berdasarkan hasil pengamatan.
5.
Siswa mampu membandingkan struktur sel hewan dan sel tumbuhan.
6.
Siswa mampu menjelaskan organel sel dari hasil
pengamatan.
D.
Materi Pembelajaran
1.
Komponen kimiawi sel.
2.
Struktur dan fungsi sel.
3.
Sel hewan dan sel tumbuhan.
4.
Organel sel.
E.
Metode Pembelajaran
Model pembelajaran :
Scientific Approach.
Metode pembelajaran :
Tanya jawab, Kerja kelompok, Pengamatan, dan Diskusi.
F.
Media, Alat, dan Sumber
Pembelajaran
1.
Media
Power point tentang sel.
2.
Alat/Bahan
a.
Laptop.
b.
LCD
3.
Sumber Belajar
·
Buku Biologi
untuk SMA/MA kelas XI.
·
LKS.
G.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
No
|
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
1
|
Pendahuluan
|
·
Guru memotivasi siswa dengan menunjukkan
gambar sel hewan dan sel tumbuhan agar siswa tertarik mendapatkan pelajaran mengenai pokok bahasan
sel.
·
Siswa memperhatikan dengan seksama gambar sel
hewan dan sel tumbuhan.
· Guru
mengkomunikasikan tujuan
pembelajaran.
|
10 menit
|
2
|
Inti
|
·
Guru menggali pengetahuan awal yang telah dimiliki siswa dengan cara menanyakan
kepada siswa apa yang mereka ketahui tentang sel dengan meminta siswa untuk aktif berpendapat.
·
Siswa aktif berpendapat mengenai sel.
·
Dengan tanya jawab dan diskusi menggunakan
gambar sel hewan dan sel tumbuhan, guru memfasilitasi siswa untuk menemukan gambaran secara umum mengenai komponen kimiawi sel, sel hewan dan sel tumbuhan, struktur
dan fungsi sel, serta organel-organel sel.
·
Guru mengorganisasikan siswa dalam
kelompok-kelompok kooperatif, setiap
kelompok terdiri dari 4–5 siswa. Selanjutnya membagikan LKS kepada tiap kelompok.
Ketika mendistribusikan LKS, guru membimbing siswa untuk peduli dengan cara membantu teman yang membutuhkan dengan menunjuk beberapa siswa
untuk membantu guru membagikan LKS.
·
Siswa duduk berkelompok sesuai dengan kelompok
yang telah ditentukan.
·
Guru membimbing siswa dalam melakukan
pengamatan sesuai dengan LKS dengan cara meminta siswa jujur mengatakan apa adanya bila masih kesulitan dalam
melakukan pengamatan dan meminta
siswa yang pandai untuk peduli dengan cara membantu
teman yang membutuhkan bantuan.
·
Siswa melakukan pengamatan secara teliti dan
mendiskusikan hasilnya dengan kelompok masing-masing.
·
Guru melakukan evaluasi formatif dengan cara
meminta satu atau dua kelompok mempresentasikan hasil pengamatannya dan mengkomunikasikan pekerjaannya
kepada kelas untuk memberi kemudahan
guru melakukan evaluasi
formatif dan memberi kesempatan siswa lain untuk belajar menjadi pendengar yang baik, menghargai ketika terdapat
perbedaan pendapat.
·
Satu atau dua kelompok mempresentasikan hasil
pengamatan dan hasil diskusi kelompoknya.
· Guru
memberikan penghargaan kepada individu dan kelompok yang berkinerja baik dan
amat baik dalam kegiatan belajar
mengajar tersebut.
|
115 menit
|
3
|
Penutup
|
·
Guru
bersama dengan siswa menyimpulkan materi yang telah dibahas.
·
Guru
melakukan evaluasi pembelajaran melalui post test untuk mengetahui seberapa tingkat
pemahaman siswa terhadap materi yang telah di sampaikan.
·
Siswa mengerjakan post test secara mandiri
· Guru
memberikan tugas rumah berupa
tabel perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan.
|
10 menit
|
H.
Penilaian
1.
Jenis/teknik
penilaian
·
Jenis :
tes dan non tes.
·
Teknik : tertulis dan observasi proses.
2.
Bentuk
instrumen dan instrumen penilaian
·
Soal pilihan ganda (terlampir).
·
Lembar observasi (terlampir).
3.
Pedoman
Penskoran
Penilaian Acuan Patokan (terlampir).
4.
Pedoman
Pengamatan
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Jml
|
Rata-rata
|
Keterangan
|
Kerjasama dengan teman dalam diskusi
|
Kejujuran
|
Ketepatan waktu dalam menyelesaikan pekerjaan
|
Penilaian hasil kerja
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Amat Baik (A) = 4.
Baik sekali (B+) = 3,5.
Baik (B) = 3.
Cukup (C+) = 2,5.
Kurang (C) = 2.
Kurang sekali (E) = 1.
Kosong (K) = 0.
bermanfaat banget, terimakasih :D
BalasHapus