Minggu, 07 Februari 2016

RPP BIOLOGI KURIKULUM 2013 KD 3.7 Mendeskripsikan keanekaragaman gen, jenis, ekosistem melalui kegiatan pengamatan.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan pendidikan               : SMA 
Mata pelajaran                      : Biologi
Kelas                                    : X
Semester                               : 1
Materi pembelajaran : Keanekaragaman Hayati
Alokasi waktu                      : 2 x 45 menit
 



A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
2.      Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalamilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.


B.     KOMPETENSI DASAR
1.1 Mengagumi, menjaga, melestarikan keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang ruang lingkup, obyek dan permasalahan Biologi menurut agama yang dianutnya.
2.1 Berperilaku ilmiah  (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dalam melakukan percobaan dan diskusi di dalam kelas maupun di luar kelas.
3.7 Mendeskripsikan keanekaragaman gen, jenis, ekosistem melalui kegiatan pengamatan.
INDIKATOR    : 1.    Mendeskripsikan pengertian keanekaragaman hayati
2.    Mengidentifikasi macam-macam keanekaragaman hayati.
3.    Membedakan tingkat keanekaragaman gen, keanekaragaman jenis, dan keanekaragaman ekosistem
4.    Menjelaskan pola penyebaran keanekaragaman hayati di Indonesia
5.    Menyebutkan beberapa contoh fauna yang ada di kawasan Indonesia bagian barat (tipe oriental), kawasan peralihan (tipe peralihan), dan kawasan Indonesia bagian timur (tipe Australian)
4.9 Mengelompokkan berbagai jenis mahluk hidup pada tingkat gen, jenis dan ekosistem dari berbagai obyek dan atau  menggunakan gambar.
INDIKATOR    : 1.    Mengamati tingkat keanekaragaman hayati
                             2.    Menunjukkan berbagai jenis makhluk hidup pada tingkat gen, jenis dan ekosistem melalui pengamatan gambar
                             3.    Mengelompokkan berbagai jenis makhluk hidup pada tingkat keanekaragaman gen, jenis dan ekosistem melalui pengamatan gambar


C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Siswa mampu mendeskripsikan pengertian keanekaragaman hayati sesuai dengan literatur
2.      Siswa mampu mengidentifikasi macam-macam keanekaragaman hayati dengan benar
3.      Siswa mampu membedakan tingkat keanekaragaman gen, keanekaragaman jenis, dan keanekaragaman ekosistem sesuai dengan literatur
4.      Siswa mampu menjelaskan pola penyebaran keanekaragaman hayati di Indonesia sesuai dengan literatur
5.      Siswa mampu menyebutkan beberapa contoh fauna yang ada di kawasan Indonesia bagian barat (tipe oriental), kawasan peralihan (tipe peralihan), dan kawasan Indonesia bagian timur (tipe Australian)
6.      Siswa mampu mengamati tingkat keanekaragaman hayati
7.      Siswa mampu menunjukkan berbagai jenis makhluk hidup pada tingkat gen, jenis dan ekosistem melalui pengamatan gambar
8.      Siswa mampu mengelompokkan berbagai jenis makhluk hidup pada tingkat  keanekaragaman gen, jenis dan ekosistem melalui pengamatan gambar

D.    MATERI AJAR/BAHAN AJAR
1.      Tingkat keanekaragaman hayati
2.      Penyebaran keanekaragaman hayati di Indonesia
3.      Penyebaran fauna Indonesia

E.   METODE PEMBELAJARAN
a.       Pendekatan pembelajaran : scientific
b.      Model pembelajaran : cooperative learning, inquiry
c.       Metode pembelajaran : ceramah, tanya jawab, picture and picture, diskusi, pengamatan

F.   MEDIA,  ALAT  DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.      Media 
Gambar, power point, laptop, LCD
2.      Alat/Bahan
Alat     : -
Bahan  : -
3.      Sumber Pembelajaran
a.       Buku-buku
Irnaningtyas. 2013. Biologi. Jakarta: Erlangga.
Mulia, Dini Siswani. 2011. Diktat Ajar Biologi Umum. Purwokerto: UMP.

G.  LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang terkait dengan keanekaragaman hayati
2.      Guru memperlihatkan beberapa gambar jenis makhluk hidup di lingkungan sekitar
3.      Guru memberikan informasi tentang manfaat mempelajari materi yang akan diajarkan
4.      Guru memberikan perintah kepada siswa untuk membentuk kelompok
10 menit
Inti
1.      Guru menjelaskan materi keanekaragaman hayati yang meliputi pengertian keanekaragaman hayati, tingkat keanekaragaman hayati,
2.      Guru menunjukkan peta kawasan penyebaran fauna di Indonesia
3.      Siswa maju ke depan kelas secara bergantian untuk memasang gambar yang telah disediakan guru sesuai dengan pengetahuan mereka tentang jenis fauna berdasarkan daerah atau kawasan penyebarannya (pada pertemuan sebelumnya sudah diperintah untuk membaca tentang penyebaran fauna di Indonesia)
4.      Guru menanyakan alasan atau dasar pemikiran siswa dalam memasang gambar tersebut
5.      Guru menjelaskan penyebaran keanekaragaman hayati di Indonesia
6.      Guru membagikan LKS pada setiap kelompok
7.      Guru meminta setiap kelompok untuk mengamati beberapa contoh gambar yang berkaitan dengan keanekaragaman hayati yang terdapat pada LKS
8.      Siswa berdiskusi dengan teman kelompoknya untuk menganalisis gambar tersebut
9.      Setiap kelompok menuliskan hasil diskusi dan pengamatannya
10.  Salah satu siswa dari setiap kelompok menyampaikan hasil diskusi kelompoknya
11.  Guru memberikan penegasan mengenai hasil diskusi kelompok yang telah dibahas
60 menit
Penutup
1.      Guru membimbing siswa dalam menyimpulkan materi
2.      Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang aktif
3.      Guru memberikan soal post test kepada siswa untuk mengetahui tingkat kepahaman siswa tentang materi yang telah dibahas
4.      Guru memberikan tugas kepada siswa berupa kegiatan di rumah untuk mencari artikel tentang ancaman kelestarian berbagai keanekaragaman hewan dan tumbuhan khas Indonesia.
20 menit

H.  PENILAIAN
·         Jenis dan Teknik penilaian
a.       Jenis          : Tugas individu, tugas kelompok
b.      Teknik       : Tes tertulis
·         Instrumen Penilaian
-          Observasi        : lembar pengamatan
-          Tes                   : soal dengan bentuk pilhan ganda dan uraian
·         Pedoman Pengamatan

No.
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Kognitif
Tes tertulis / lisan
Penyelesaian tugas individu
2.
Afektif
Observasi
(lembar pengamatan)
Kegiatan diskusi berlangsung
3.
Psikomotor
Observasi
(lembar pengamatan)
Kegiatan diskusi berlangsung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar