Minggu, 07 Februari 2016

RPP BIOLOGI KURIKULUM 2013 KD 3.1 Memahami tentang ruang lingkup biologi (permasalahan pada berbagai obyek biologi dan tingkat organisasi kehidupan), metode ilmiah dan prinsip keselamatan kerja berdasarkan pengamatan dalam kehidupan sehari-hari.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan      : SMA 
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas                           : X
Semester                      : 1
Materi Pembelajaran   : RUANG LINGKUP BIOLOGI
Alokasi Waktu            : 4x45 menit
I.     Kompetensi Inti
1.             Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
2.             Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.             Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.             Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
3.1 Memahami tentang ruang lingkup biologi (permasalahan pada berbagai obyek biologi dan tingkat organisasi kehidupan), metode ilmiah dan  prinsip keselamatan kerja berdasarkan pengamatan dalam kehidupan sehari-hari.

4.1 Menyajikan data tentang objek dan permasalahan biologi pada berbagai tingkatan organisasi kehidupan sesuai dengan metode ilmiah dan memperhatikan aspek keselamatan kerja serta menyajikannya dalam bentuk laporan tertulis.

 Indikator
·         Menjelaskan pengertian ruang lingkup biologi
·         Mengidentifikasi ruang lingkup biologi berdasarkan objek.
·         Menyebutkan objek biologi dalam ruang lingkup biologi
·         Menjelaskan masing-masing objek biologi serta contohnya
·         Menjelaskan objek-objek biologi yang saling berhubungan mulai dari
                        tingkatan molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, komunitas
·         Menjelaskan konsep klasifikasi makhluk hidup
·         Menjelaskan tujuan dan manfaat klasifikasi
·         Mengelompokan makhluk hidup sesuai dengan kingdomnya
·         Menjelaskan macam-macam sistem klasifikasi
·         Menjelaskan variasi dalam spesies
·         Menjelaskan hubungan kekerabatan antar makhluk hidup
·         Menjelaskan tatanama binominal
·         Mengidentifikasi tumbuhan dan hewan dengan kunci determinasi
·         Membuat kunci determinasi sederhana
·         Mengelompokan makhluk hidup sesuai dengan kingdomnya.
·         Mengkomunikasikan hasil pengamatan tentang ilmu yang masuk kedalam ruang lingkup biologi dimana klasifikasi merupakan ilmu yang termasuk di dalam ilmu ruang lingkup tersebut
II.     Tujuan Pemebelajaran
·         Siswa mampu menjelaskan pengertian ruang lingkup biologi
·         Siswa dapat mengidentifikasi ruang lingkup biologi berdasarkan objek
·         Siswa mampu menyebutkan objek biologi dalam ruang lingkup biologi
·         Siswa mampu Menjelaskan masing-masing objek biologi serta contohnya
·         Siswa mampu Menjelaskan objek-objek biologi yang saling berhubungan mulai dari
                        tingkatan molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, komunitas
·         Siswa mampu Menjelaskan konsep klasifikasi makhluk hidup
·         Siswa mampu Menjelaskan tujuan dan manfaat klasifikasi
·         Siswa mampu Mengelompokan makhluk hidup sesuai dengan kingdomnya
·         Siswa mampu Menjelaskan macam-macam sistem klasifikasi
·         Siswa mampu Menjelaskan variasi dalam spesies
·         Siswa mampu Menjelaskan hubungan kekerabatan antar makhluk hidup
·         Siswa mampu Menjelaskan tatanama binominal
·         Siswa mampu Mengidentifikasi tumbuhan dan hewan dengan kunci determinasi
·         Siswa mampu Siswa mampu Menjelaskan tatanama binominal
·         Siswa mampu Menjelaskan macam-macam sistem klasifikasi
·         Siswa mampu Mengidentifikasi tumbuhan dan hewan dengan kunci determinasi
·         Siswa mampu Membuat kunci determinasi sederhana
·         siswa mampu mengelompokan makhluk hidup sesuai dengan kingdomnya sesuai dengan deskripsi yang ada pada kunci LP produk.
·         Siswa mampu mengkomunikasikan hasil pengamatan tentang ilmu yang masuk kedalam ruang lingkup biologi dimana klasifikasi merupakan ilmu yang termasuk di dalam ilmu ruang lingkup tersebut sesuai dengan rincian tugas kinerja yang ditentukan.
III.     Materi Pembelajaran
·           Ruang lingkup biologi
·           Klasifikasi makhluk hidup
IV.     Model dan Metode Pembelajaran
Model         : inkuiri
Metode       : kooperatif, diskusi, tanya jawab

V.     Skenario Pembelajaran
PERTEMUAN 1 (1x45 menit)
A.  Pendahuluan
1.      Mengulas sedikit mengenai materi yang telah di sampaikan pada minggu lalu dengan meminta siswa aktif  berpendapat
  1. Memotivasi siswa untuk meningkatkan rasa keingintahuannya tentang makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitarnya
  2. Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran kognitif, psikomotor, dan afektif
B.  Inti
1.      Guru menggali kemampuan siswa dengan menanyakan tentang ruang lingkup biologi beserta menyebutkan objek biologi dalam ruang lingkup biologi
2.      Guru memulai pembelajaran dengan menyampaikan tentang objek biologi yang saling berhubungan mulai dari tingkatan molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, komunitas. setelah penjelasan tentang tingkatan tersebut sudah selesai, kemudian dilanjutkan dengan menjelaskan pengertian  klasifikasi makhluk hidup serta tujuan dari mengklasifikasi makhluk hidup
3.      Guru menjelaskan variasi dalam spesies dan hubungan kekerabatan antar makhluk hidup serta guru menjelaskan klasifikasi makhluk hidup menurut whitteker dengan menjelaskan ciri-ciri dari masing-masing kelas tersebut disertai dengan gambar
4.      Siswa mengamati ciri-ciri dari masing-masing gambar yang telah ditampilkan oleh guru kemudian siswa mengelompokan gambar makhluk hidup tersebut dengan memasukannya kedalam kelas-kelasnya berdasarkan ciri-ciri morfologi dan fisiologi dari makhluk hidup tersebut
5.      Guru membagi siswa menjadi 5 kelompok, dan siswa diminta untuk mencari contoh makhluk hidup yang termasuk monera,protista,fungi,plantae dan animalia
6.      Siswa berkelompok dan mencari di buku atau internet mengenai contoh-contoh makhluk hidup yang termasuk monera,protista,fungi,plantae dan animalia dengan disertai ciri-ciri dari masing-masing makhluk hidup tersebut
7.      Guru membimbing siswa untuk aktif  berdiskusi  dan bekerja sama dengan teman sekolompoknya
8.      Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya di depan kelas dan Setiap siswa didorong untuk ikut bertanggung jawab atas hasil diskusi tersebut
9.      Siswa di kelompok lain yang belum mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya di minta untuk peduli terhadap kelompok yang sedang presentasi didepan kelas dan aktif menyampaikan pendapat, sanggahan, ataupun pertanyaan
10.  Setelah semua kelompok menyampaikan hasil diskusinya, guru bersama dengan siswa membuat kesimpulan  dari hasil diskusi, tanggapan, sanggahan, atau jawaban hasil diskusi tersebut. dan mengingatkan siswa agar tetap mengutamakan toleransi  saat ada perbedaan pendapat dalam membuat kesimpulan
C.  Penutup
  1. Guru bersama dengan siswa menyimpulkan materi yang telah dibahas
  2. Guru memotivasi siswa untuk rajin belajar dan bertanggung jawab terhadap kewajibannya sebagai seorang pelajar
  3. Guru menutup pembelajaran dengan memberikan salam penutup
PERTEMUAN 2 (1x45 menit)
A.  Pendahuluan
1.    Mengulas sedikit mengenai materi yang telah di sampaikan pada pertemuan sebelumnya dengan meminta siswa aktif  berpendapat
2.    Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran kognitif, psikomotor, dan afektif
B.  Inti
1.    Guru menggali kemampuan siswa dengan menanyakan tentang pengertian dan tujuan dari identifikasi makhluk hidup
2.    Guru memulai pembelajaran dengan menyampaikan tentang tatanama binominaldan apasaja yang harus diperhatikan dalam memberikan nama maupun penulisan nama secara ilmiah
3.    Guru membagi siswa menjadi 5 kelompok, dimana kelompok tersebut sama dengan kelompok pada diskusi sebelumnya
4.    Guru membagikan LKS dan buku kunci determinasi kepada siswa
5.    Sebelum diskusi dimulai, guru menjelaskan cara mencari atau mengidentifikasi dengan menggunakan buku kunci determinasi atau buku flora. Dalam hal ini yang akan diidentifikasi adalah tumbuhan yang telah dibawa oleh guru
6.    Guru membagi contoh-contoh tumbuhan yang akan di identifikasi oleh siswa. Terdapat 5 Jenis tumbuhan yang akan diidentifikasi, dan 5 jenis tumbuhan tersebut diidentifikasi oleh semua kelompok dengan mengidentifikasi secara bergiliran. Misal kelompok 1 mengamati tanaman 1, kelompok 2 mengamati tanaman 2, setelah mereka selesai mengamati tanaman tersebut, kemudian mereka saling bertukar tanaman untuk mengidentifikasi tanaman dari kelompok lain.
7.    Guru membimbing siswa untuk aktif  berdiskusi  dan bekerja sama dengan teman sekolompoknya
8.    Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya di depan kelas dan Setiap siswa didorong untuk ikut bertanggung jawab atas hasil diskusi tersebut
9.    Siswa di kelompok lain yang belum mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya di minta untuk peduli terhadap kelompok yang sedang presentasi didepan kelas dan aktif menyampaikan pendapat, sanggahan, ataupun pertanyaan
10.  Setelah semua kelompok menyampaikan hasil diskusinya, guru bersama dengan siswa membuat kesimpulan  dari hasil diskusi, tanggapan, sanggahan, atau jawaban hasil diskusi tersebut. dan mengingatkan siswa agar tetap mengutamakan toleransi  saat ada perbedaan pendapat dalam membuat kesimpulan
D.  Penutup
1.      Guru bersama dengan siswa menyimpulkan materi yang telah dibahas, dan guru meminta siswa secara jujur dan terbuka untuk mengetahui seberapa tingkat pemahaman  siswa terhadap materi yang telah di sampaikan.
2.      Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mempelajari tentang sistem peredaran darah yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya
3.      Guru memotivasi siswa untuk rajin belajar dan bertanggung jawab terhadap kewajibannya sebagai seorang pelajar
4.      Guru menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam
VI.     Media
1.      Gambar
2.      PPT
VII.     Sumber Belajar
1.        Buku BIOLOGI  untuk SMA/MA kelas X
2.        LKS
VIII.     Penilaian
No
Indikator
Tagihan
Teknik
Bentuk
Instrumen
1.
·         Menyebutkan objek biologi dalam ruang lingkup biologi
·         Menjelaskan masing-masing objek biologi serta contohnya
·         Menjelaskan objek-objek biologi yang saling berhubungan mulai dari tingkatan molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, komunitas
·         Menjelaskan konsep klasifikasi makhluk hidup
·         Menjelaskan tujuan dan manfaat klasifikasi
·         Mengelompokan makhluk hidup sesuai dengan kingdomnya
·         Menjelaskan macam-macam sistem klasifikasi
·         Menjelaskan variasi dalam spesies
·         Menjelaskan hubungan kekerabatan antar makhluk hidup
·         Menjelaskan tatanama binominal
Uji Kompetensi

Tertulis
Pilihan ganda
Soal uji kompetensi
2.
·         Mengidentifikasi tumbuhan dengan kunci determinasi
·         Membuat kunci determinasi sederhana
Hasil diskusi
Jawaban lisan
Tertulis
Lisan
Portofolio
Portofolio
LKS
LKS



1 komentar:

  1. Lucky Club Online Casino site with slots, table games and
    Lucky Club Online Casino offers you the chance to enjoy the most unique and authentic online casino experience! Play luckyclub.live slot games like blackjack,

    BalasHapus