RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas : X
Semester : 1
Materi Pembelajaran : RUANG LINGKUP
BIOLOGI
Alokasi Waktu : 4x45 menit
I. Kompetensi Inti
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya
2.
Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah
lingkungan, gotong royong,
kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual konseptual, prosedural berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan prosedural
pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah.
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
3.1 Memahami
tentang ruang lingkup biologi (permasalahan pada berbagai obyek biologi dan
tingkat organisasi kehidupan), metode ilmiah dan prinsip keselamatan kerja berdasarkan
pengamatan dalam kehidupan sehari-hari.
4.1 Menyajikan
data tentang objek dan permasalahan biologi pada berbagai tingkatan organisasi
kehidupan sesuai dengan metode ilmiah dan memperhatikan aspek keselamatan kerja
serta menyajikannya dalam bentuk laporan tertulis.
Indikator
·
Menjelaskan pengertian ruang lingkup biologi
·
Mengidentifikasi
ruang lingkup biologi berdasarkan objek.
·
Menyebutkan
objek biologi dalam ruang lingkup biologi
·
Menjelaskan masing-masing objek biologi serta contohnya
·
Menjelaskan
objek-objek biologi yang saling berhubungan mulai dari
tingkatan molekul, sel, jaringan, organ,
individu, populasi, komunitas
·
Menjelaskan
konsep klasifikasi makhluk hidup
·
Menjelaskan
tujuan dan manfaat klasifikasi
·
Mengelompokan
makhluk hidup sesuai dengan kingdomnya
·
Menjelaskan
macam-macam sistem klasifikasi
·
Menjelaskan
variasi dalam spesies
·
Menjelaskan
hubungan kekerabatan antar makhluk hidup
·
Menjelaskan
tatanama binominal
·
Mengidentifikasi
tumbuhan dan hewan dengan kunci determinasi
·
Membuat
kunci determinasi sederhana
·
Mengelompokan
makhluk hidup sesuai dengan kingdomnya.
·
Mengkomunikasikan
hasil pengamatan tentang ilmu yang masuk kedalam ruang lingkup biologi dimana
klasifikasi merupakan ilmu yang termasuk di dalam ilmu ruang lingkup tersebut
II. Tujuan Pemebelajaran
·
Siswa
mampu menjelaskan pengertian
ruang lingkup biologi
·
Siswa
dapat mengidentifikasi ruang lingkup biologi berdasarkan objek
·
Siswa
mampu menyebutkan objek biologi dalam ruang lingkup biologi
·
Siswa
mampu Menjelaskan masing-masing objek biologi serta contohnya
·
Siswa
mampu Menjelaskan objek-objek biologi yang saling berhubungan mulai dari
tingkatan molekul, sel, jaringan, organ,
individu, populasi, komunitas
·
Siswa
mampu Menjelaskan konsep klasifikasi makhluk hidup
·
Siswa
mampu Menjelaskan tujuan dan manfaat klasifikasi
·
Siswa
mampu Mengelompokan makhluk hidup sesuai dengan kingdomnya
·
Siswa
mampu Menjelaskan macam-macam sistem klasifikasi
·
Siswa
mampu Menjelaskan variasi dalam spesies
·
Siswa
mampu Menjelaskan hubungan kekerabatan antar makhluk hidup
·
Siswa
mampu Menjelaskan tatanama binominal
·
Siswa
mampu Mengidentifikasi tumbuhan dan hewan dengan kunci determinasi
·
Siswa
mampu Siswa mampu Menjelaskan tatanama binominal
·
Siswa
mampu Menjelaskan macam-macam sistem klasifikasi
·
Siswa
mampu Mengidentifikasi tumbuhan dan hewan dengan kunci determinasi
·
Siswa
mampu Membuat kunci determinasi sederhana
·
siswa
mampu mengelompokan makhluk hidup sesuai dengan kingdomnya sesuai dengan
deskripsi yang ada pada kunci LP produk.
·
Siswa
mampu mengkomunikasikan hasil pengamatan tentang ilmu yang masuk kedalam ruang
lingkup biologi dimana klasifikasi merupakan ilmu yang termasuk di dalam ilmu
ruang lingkup tersebut sesuai dengan rincian tugas kinerja yang ditentukan.
III. Materi Pembelajaran
·
Ruang
lingkup biologi
·
Klasifikasi
makhluk hidup
IV. Model dan Metode Pembelajaran
Model : inkuiri
Metode : kooperatif, diskusi, tanya jawab
V.
Skenario Pembelajaran
PERTEMUAN 1 (1x45 menit)
A.
Pendahuluan
1.
Mengulas
sedikit mengenai materi yang telah di sampaikan pada minggu lalu dengan meminta
siswa aktif berpendapat
- Memotivasi siswa untuk
meningkatkan rasa keingintahuannya tentang makhluk hidup yang ada di
lingkungan sekitarnya
- Mengkomunikasikan
tujuan pembelajaran kognitif, psikomotor, dan afektif
B. Inti
1.
Guru
menggali kemampuan siswa dengan menanyakan tentang ruang lingkup biologi
beserta menyebutkan objek biologi dalam ruang lingkup biologi
2.
Guru memulai
pembelajaran dengan menyampaikan tentang objek biologi yang saling berhubungan
mulai dari tingkatan molekul, sel, jaringan, organ,
individu, populasi, komunitas. setelah penjelasan tentang
tingkatan tersebut sudah selesai, kemudian dilanjutkan dengan menjelaskan
pengertian klasifikasi makhluk hidup
serta tujuan dari mengklasifikasi makhluk hidup
3.
Guru menjelaskan variasi dalam spesies dan hubungan
kekerabatan antar makhluk hidup serta guru menjelaskan klasifikasi makhluk hidup menurut whitteker dengan menjelaskan ciri-ciri
dari masing-masing kelas tersebut disertai dengan gambar
4.
Siswa mengamati ciri-ciri
dari masing-masing gambar yang telah ditampilkan oleh guru kemudian siswa
mengelompokan gambar makhluk hidup tersebut dengan memasukannya kedalam
kelas-kelasnya berdasarkan ciri-ciri morfologi dan fisiologi dari makhluk hidup
tersebut
5.
Guru membagi
siswa menjadi 5 kelompok, dan siswa diminta untuk mencari contoh makhluk hidup
yang termasuk monera,protista,fungi,plantae dan animalia
6.
Siswa
berkelompok dan mencari di buku atau internet mengenai contoh-contoh makhluk
hidup yang termasuk monera,protista,fungi,plantae dan animalia dengan disertai
ciri-ciri dari masing-masing makhluk hidup tersebut
7. Guru
membimbing siswa untuk aktif
berdiskusi dan bekerja sama dengan teman
sekolompoknya
8. Setiap kelompok diminta untuk
mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya di depan kelas dan Setiap
siswa didorong untuk ikut bertanggung jawab
atas hasil diskusi
tersebut
9. Siswa di kelompok lain yang belum
mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya di minta untuk peduli terhadap
kelompok yang sedang presentasi didepan kelas dan aktif menyampaikan pendapat,
sanggahan, ataupun pertanyaan
10. Setelah semua kelompok menyampaikan hasil
diskusinya, guru bersama dengan siswa membuat kesimpulan dari hasil diskusi, tanggapan, sanggahan,
atau jawaban hasil diskusi tersebut. dan mengingatkan siswa agar tetap
mengutamakan toleransi saat ada
perbedaan pendapat dalam membuat kesimpulan
C.
Penutup
- Guru
bersama dengan siswa menyimpulkan materi yang telah dibahas
- Guru
memotivasi siswa untuk rajin belajar dan bertanggung jawab terhadap
kewajibannya sebagai seorang pelajar
- Guru
menutup pembelajaran dengan memberikan salam penutup
PERTEMUAN 2 (1x45 menit)
A.
Pendahuluan
1.
Mengulas
sedikit mengenai materi yang telah di sampaikan pada pertemuan sebelumnya
dengan meminta siswa aktif berpendapat
2.
Mengkomunikasikan
tujuan pembelajaran kognitif, psikomotor, dan afektif
B. Inti
1.
Guru
menggali kemampuan siswa dengan menanyakan tentang pengertian dan tujuan dari
identifikasi makhluk hidup
2.
Guru memulai
pembelajaran dengan menyampaikan tentang tatanama binominaldan apasaja yang
harus diperhatikan dalam memberikan nama maupun penulisan nama secara ilmiah
3.
Guru membagi siswa menjadi 5
kelompok, dimana kelompok tersebut sama dengan kelompok pada diskusi sebelumnya
4.
Guru membagikan LKS dan buku
kunci determinasi kepada siswa
5.
Sebelum diskusi dimulai,
guru menjelaskan cara mencari atau mengidentifikasi dengan menggunakan buku
kunci determinasi atau buku flora. Dalam hal ini yang akan diidentifikasi
adalah tumbuhan yang telah dibawa oleh guru
6. Guru membagi contoh-contoh tumbuhan yang akan di
identifikasi oleh siswa. Terdapat 5 Jenis tumbuhan yang akan diidentifikasi,
dan 5 jenis tumbuhan tersebut diidentifikasi oleh semua kelompok dengan
mengidentifikasi secara bergiliran. Misal kelompok 1 mengamati tanaman 1,
kelompok 2 mengamati tanaman 2, setelah mereka selesai mengamati tanaman
tersebut, kemudian mereka saling bertukar tanaman untuk mengidentifikasi
tanaman dari kelompok lain.
7. Guru
membimbing siswa untuk aktif
berdiskusi dan bekerja sama dengan teman
sekolompoknya
8.
Setiap
kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya di depan
kelas dan Setiap siswa didorong untuk ikut bertanggung jawab atas hasil diskusi tersebut
9. Siswa di kelompok lain yang belum
mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya di minta untuk peduli terhadap
kelompok yang sedang presentasi didepan kelas dan aktif menyampaikan pendapat,
sanggahan, ataupun pertanyaan
10. Setelah semua kelompok menyampaikan hasil
diskusinya, guru bersama dengan siswa membuat kesimpulan dari hasil diskusi, tanggapan, sanggahan,
atau jawaban hasil diskusi tersebut. dan mengingatkan siswa agar tetap
mengutamakan toleransi saat ada
perbedaan pendapat dalam membuat kesimpulan
D.
Penutup
1. Guru bersama dengan siswa menyimpulkan
materi yang telah dibahas, dan guru meminta siswa secara jujur dan terbuka
untuk mengetahui seberapa tingkat pemahaman
siswa terhadap materi yang telah di sampaikan.
2. Guru memberikan tugas kepada siswa untuk
mempelajari tentang sistem peredaran darah yang akan dibahas pada pertemuan
berikutnya
3. Guru memotivasi siswa untuk rajin belajar
dan bertanggung jawab terhadap kewajibannya sebagai seorang pelajar
4. Guru menutup pembelajaran dengan
mengucapkan salam
VI. Media
1. Gambar
2. PPT
VII. Sumber Belajar
1.
Buku
BIOLOGI untuk SMA/MA kelas X
2.
LKS
VIII.
Penilaian
No
|
Indikator
|
Tagihan
|
Teknik
|
Bentuk
|
Instrumen
|
1.
|
·
Menyebutkan
objek biologi dalam ruang lingkup biologi
·
Menjelaskan masing-masing objek biologi serta contohnya
·
Menjelaskan
objek-objek biologi yang saling berhubungan mulai dari tingkatan molekul, sel, jaringan, organ,
individu, populasi, komunitas
·
Menjelaskan
konsep klasifikasi makhluk hidup
·
Menjelaskan
tujuan dan manfaat klasifikasi
·
Mengelompokan
makhluk hidup sesuai dengan kingdomnya
·
Menjelaskan
macam-macam sistem klasifikasi
·
Menjelaskan
variasi dalam spesies
·
Menjelaskan
hubungan kekerabatan antar makhluk hidup
·
Menjelaskan
tatanama binominal
|
Uji Kompetensi
|
Tertulis
|
Pilihan ganda
|
Soal uji kompetensi
|
2.
|
·
Mengidentifikasi
tumbuhan dengan kunci determinasi
·
Membuat
kunci determinasi sederhana
|
Hasil diskusi
Jawaban lisan
|
Tertulis
Lisan
|
Portofolio
Portofolio
|
LKS
LKS
|
Lucky Club Online Casino site with slots, table games and
BalasHapusLucky Club Online Casino offers you the chance to enjoy the most unique and authentic online casino experience! Play luckyclub.live slot games like blackjack,