Kamis, 25 Februari 2016

RPP BIOLOGI KURIKULUM 2013 KD 3.1 Mendeskripsikan komponen kimiawi sel, struktur, dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan, mengidentifikasi organel sel melalui pengamatan.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan       : SMA 
Mata Pelajaran             : Biologi
Kelas/Semester             : XI/1
Materi Pembelajaran  : Sel
Alokasi Waktu              : 3x45 menit

A.      Kompetensi Inti
1.        Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.        Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.        Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.        Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1    Mengagumi, menjaga, melestarikan keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang ruang lingkup, obyek dan permasalahan Biologi menurut agama yang dianutnya.
2.1    Berperilaku ilmiah (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dalam melakukan percobaan dan diskusi di dalam kelas maupun di luar kelas.
3.1    Mendeskripsikan komponen kimiawi sel, struktur, dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan, mengidentifikasi organel sel melalui pengamatan.
4.1    melakukan pengamatan mikroskopis sel umbi lapis bawang merah dan sel epithel pipi, mengidentifikasi organel penyusunnya serta fungsinya.

Indikator
1.        Menjelaskan komponen kimiawi sel.
2.        Menjelaskan struktur sel beserta fungsinya.
3.        Membuat preparat sel hewan (sel epithel pipi) dan sel tumbuhan (sel umbi lapis bawang merah).
4.        Menggambar struktur sel hewan dan sel tumbuhan.berdasarkan hasil pengamatan.
5.        Membandingkan struktur sel hewan dan sel tumbuhan.
6.        Menjelaskan organel sel dari hasil pengamatan.

C.      Tujuan Pemebelajaran
1.        Siswa mampu menjelaskan komponen kimiawi sel.
2.        Siswa mampu menjelaskan struktur sel beserta fungsinya.
3.        Siswa mampu membuat preparat sel hewan (sel epithel pipi) dan sel tumbuhan (sel umbi lapis bawang merah).
4.        Siswa mampu menggambar struktur sel hewan dan sel tumbuhan berdasarkan hasil pengamatan.
5.        Siswa mampu membandingkan struktur sel hewan dan sel tumbuhan.
6.        Siswa mampu menjelaskan organel sel dari hasil pengamatan.

D.      Materi Pembelajaran
1.        Komponen kimiawi sel.
2.        Struktur dan fungsi sel.
3.        Sel hewan dan sel tumbuhan.
4.        Organel sel.

E.       Metode Pembelajaran
Model pembelajaran                : Scientific Approach.
Metode pembelajaran              : Tanya jawab, Kerja kelompok, Pengamatan, dan Diskusi.

F.       Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.        Media
Power point tentang sel.
2.        Alat/Bahan
a.    Laptop.
b.    LCD
3.        Sumber Belajar
·      Buku Biologi untuk SMA/MA kelas XI.
·      LKS.

G.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
No
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
1
Pendahuluan
·      Guru memotivasi siswa dengan menunjukkan gambar sel hewan dan sel tumbuhan agar siswa tertarik mendapatkan pelajaran mengenai pokok bahasan sel.
·      Siswa memperhatikan dengan seksama gambar sel hewan dan sel tumbuhan.
·      Guru mengkomunikasikan tujuan pembelajaran.
10 menit
2
Inti
·      Guru menggali pengetahuan awal yang telah dimiliki siswa dengan cara menanyakan kepada siswa apa yang mereka ketahui tentang sel dengan meminta siswa untuk aktif berpendapat.
·      Siswa aktif berpendapat mengenai sel.
·      Dengan tanya jawab dan diskusi menggunakan gambar sel hewan dan sel tumbuhan, guru memfasilitasi siswa untuk menemukan gambaran secara umum mengenai komponen kimiawi sel, sel hewan dan sel tumbuhan, struktur dan fungsi sel, serta organel-organel sel.
·      Guru mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok kooperatif, setiap kelompok terdiri dari 4–5 siswa. Selanjutnya membagikan LKS kepada tiap kelompok. Ketika mendistribusikan LKS, guru membimbing siswa untuk peduli dengan cara membantu teman yang membutuhkan dengan menunjuk beberapa siswa untuk membantu guru membagikan LKS.
·      Siswa duduk berkelompok sesuai dengan kelompok yang telah ditentukan.
·      Guru membimbing siswa dalam melakukan pengamatan sesuai dengan LKS dengan cara meminta siswa jujur mengatakan apa adanya bila masih kesulitan dalam melakukan pengamatan dan meminta siswa yang pandai untuk peduli dengan cara membantu teman yang membutuhkan bantuan.
·      Siswa melakukan pengamatan secara teliti dan mendiskusikan hasilnya dengan kelompok masing-masing.
·      Guru melakukan evaluasi formatif dengan cara meminta satu atau dua kelompok mempresentasikan hasil pengamatannya dan mengkomunikasikan pekerjaannya kepada kelas untuk memberi  kemudahan guru melakukan evaluasi formatif dan memberi kesempatan siswa lain untuk belajar menjadi pendengar yang baik, menghargai ketika terdapat perbedaan pendapat.
·      Satu atau dua kelompok mempresentasikan hasil pengamatan dan hasil diskusi kelompoknya.
·      Guru memberikan penghargaan kepada individu dan kelompok yang berkinerja baik dan amat  baik dalam kegiatan belajar mengajar tersebut.
115 menit
3
Penutup
·      Guru bersama dengan siswa menyimpulkan materi yang telah dibahas.
·      Guru melakukan evaluasi pembelajaran melalui post test untuk mengetahui seberapa tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang telah di sampaikan.
·      Siswa mengerjakan post test secara mandiri
·      Guru memberikan tugas rumah berupa tabel perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan.
10 menit

H.      Penilaian
1.        Jenis/teknik penilaian
·         Jenis    : tes dan non tes.
·         Teknik : tertulis dan observasi proses.
2.        Bentuk instrumen dan instrumen penilaian
·         Soal pilihan ganda (terlampir).
·         Lembar observasi (terlampir).
3.        Pedoman Penskoran
Penilaian Acuan Patokan (terlampir).









4.        Pedoman Pengamatan
No
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Jml
Rata-rata
Keterangan
Kerjasama dengan teman dalam diskusi
Kejujuran
Ketepatan waktu dalam menyelesaikan pekerjaan
Penilaian hasil kerja




























Keterangan:
Amat Baik (A)     = 4.
Baik sekali (B+)   = 3,5.
Baik (B)               = 3.
Cukup (C+)           = 2,5.
Kurang (C)           = 2.
Kurang sekali (E) = 1.

Kosong (K)          = 0.

1 komentar: